SI KEMBAR BODOH PINTAR (Emha Ainun Nadjib)

Buku : Secangkir Kopi Jon Pakir..

Siapa bilang anak orang kaya pasti pintar dan anak orang miskin pasti goblok. Memangnya Tuhan bodoh! Kok bikin aturan begitu!

Malah banyak anak Babe yang rendah kapasitas kecedasannya, dan banyak anak Simbok-simbok yang cemerlang bukan buatan. Tapi itu tidak tentu. Pokoknya terserah Tuhan bagaimana menentukan tingkat potensi makhluk-Nya. Itu hak Dia sepenuhnya.

Dan lagi yang disebut pintar dan bodoh itu kan relatif. Ada “pintar sekolahan”, ada “pintar kehidupan”. Ada pintar yang bodoh, ada bodoh yang pintar. Pokoknya tergantung soal dan tantangannya apa.

Tapi ada yang disebut matematika sistem. Ini bikinan manusia. Hasilnya bisa lucu. Yang jabatannya tinggi, belum tentu lebih pintar dari yang jabatannya lebih rendah. Yang mengurus X, belum tentu ahli X. Yang bakatnya jadi guru baik, malah jadi makelar motor. Yang bakatnya tukang kepruk batu, malah jadi guru. Yang ahli tinju, jadi penguasa. Yang ahli kepemimpinan, malah jadi pemborong jalan.

Atau yang lebih matematis, begini. Si A bodoh dan tak bisa melanjutkan sekolah. Si B pintar dan lancar meneruskan sekolah.

Kenapa si A bodoh? Karena orangtuanya miskin, lingkungan pergaulannya ndeso, si anak tak bisa full belajar karena harus bantu kerja orangtua. Dan nanti setiap kali harus naik sekolah, kondisi kocek amat menghalangi. Ketika bayi ia tampak punya potensi untuk jadi menteri, tapi kondisi sistem yang membuat orangtuanya begitu, membuatnya nyahok di tengah jalan.

Lain dengan si B. Sekolah di mana saja bisa. Fasilitas berlebih. Bisa beli buku apa saja, bisa punya koneksi aneka warna, dan bisa menyogok dalam jumlah tak terkira.

Itu hukum sistem. Tidak 100% begitu, tapi ia amat menentukan sejarah manusia. Karena itu Jon Pakir dan konco-konco berusaha mandiri dan “mengatasi” sistem sebisa mungkin.

Memang berat. Tapi asyik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s