Mengenai film Pirates of Silicon Valley

Sedikit cerita mengenai film pirates of silicon valley. Film ini bercerita tentang Bill Gates dan Steve Jobs  yang berusaha merubah dunia. Ternyata sebelum microsoft berkembang dan menjadi besar. Apple sudah dulu menjadi perusahhan komputer yang besar bahkan sudah menjadi saingan IBM (perusahaan komputer yang besar pada saat itu).

Ceritanya dimulai ketika Steve Jobs besama sahabatnya Steve Wozniak mulai membuat komputer di garasi rumah orangtua Steve Jobs yang diberi nama apple. Steve rela menjual mobil VW nya sebagai modal dan mencari pinjaman  di berbagai bank. Sampai saatnya muncul Mike markula yang memberi modal untuk mengembangkan produk applenya.

Pada pameran komputer Steve Jobs dan Steve Wozniak memperkenalkan komputer applenya yang hanya berjumlah 3 buah dan ternyata banyak yang tertarik dan tergila-gila pada apple. Mulai saat itu perusahaan apple mulai berkembang pesat. kejayaan Apple  semakin meningkat ketika mereka berhasil mencuri ide penggunaan mouse dan grafik dari xerox dan mengaplikasikanya pada komputer.Dibilang mencuri kurang pantas, karena steve jobs cs mengembangkanya juga. Pihak Xerox mengijinkan Steve Jobs cs melihat hasil karyanya karena tidak mengetahui manfaat kedepannya.

Pada saat Apple sudah besar, Microsoft masih perusahaan kecil. “Tetap dekat dengan sahabatmu tapi lebih dekatlah dengan musuhmu” itu kata yang diucapkan Bill Gates sebelum memutuskan bertemu dengan petinggi IBM untuk menawarkan produknya. Akhirnya Bill Gates bertemu   dengan petinggi IBM.
Bill Gates berhasil meyakinkan IBM dan menawarka sebuah sistem operasi yang diberi nama DOS. Padahal Bill Gates tidak mempunyai sistem operasi tersebut. Merekapun membeli program XDOS beserta lisensinya dari rumah pembuat software dan menjualnya kepada IBM. Itu terbilang cukup ampuh..

Karena dirasa masih kalah dari apple Bill Gates menemui Steve Jobs untuk mengetahui rahasianya. Bill Gates bernegosiasi dengan jobs dan berhasil menyakinkannya sehingga mendapat 3 prototype yang baru dikembangkan oleh apple.Dengan prototype tersebut Bill Gates malah mengembangkan micosoft windownya. Sampai saatnya Steve Jobs mengetahuinya bahwa di jepang sudah muncul program yang mirip dengan Apple yang namanya microsoft .

“Seniman baik meniru, Seniman hebat mencuri”

Itulah kata-kata yang diucapkan baik Steve Jobs dan Bill Gates.

Dari film tersebut banyak inspirari yang didapat mulai dari kejeniusan mereka, keberanian mereka dalam berbisnis dan lainya yang tak dapat saya ceritakan…..

silahkan tonton sendiri…AKAKAKA…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s