WINDOWS

SEJARAH WINDOWS

Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer berbasiskan GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Sukses ini menjadikan pemiliknya, Bill Gates, menjadi orang terkaya di seluruh dunia mengalahkan kekayaan Sultan Brunei. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Windows itu sendiri, dan sedikit juga orang yang mengetahui sistem operasi komputer berbasiskan GUI selain merk Microsoft Windows.

Versi – versi Windows


Windows 1

Windows 1 sebenarnya tidak lebih dari MS-DOS yang disempurnakan. Tidak memiliki fitur keren dan memperoleh pasar yang buruk. Windows 1 bukan OS yang lengkap dan jelas langsung terlindas oleh dominasi Mac OS.

Windows 2

Windows 2 rilis pada Desember 1987, dan sedikit lebih populer dari windows sebelumnya. Baru pada Windows 2.03 produk ini jadi lebih populer karena sudah mulai pseudo multitasking.

Windows 3

Rilis pada 1990, merupakan windows pertama yang laris manis di pasaran. Terjual sebanyak 2 juta kopi dalam 6 bulan pertama. GUI dan fitur yang bertambah merupakan kunci dari Windows 3.1 yang membawa nya berhasil merebut hati pasar. Multitasking adalah kunci penjualan di windows 3.

Windows 95

Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking. Windows 95 merupakan windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi.

Windows 98

Windows 98 yang pertama merupakan windows yang sangat buruk. Lemot, sering crash dan berbagai masalah lainnya. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat, dan tidak lagi crash ( malah merupakan windows paling stabil yang pernah ada ) dengan rilis nya Windows 98SE.


Windows ME

Konsep konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME. 1 diantara konsep yang kemudian populer di suatu hari ada “plug and play”. Sayangnya GUI yang buruk dan terlalu geeky membuat nya tidak populer.

Windows XP

Oktober 2001, microsoft merilis Windows XP, versi windows yang paling banyak di pakai di seluruh dunia sampai sekarang, banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak digunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna professional.

Windows Vista

Vista membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari windows XP dalam penggunaan sehari hari.

Windows 7
Windows 7 adalah windows yang pertama kali membuat microsoft berdedikasi untuk merilis operating system yang baru setiap 3 tahun. Tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan pasar yang terus melaju cepat, disesuaikan dengan pembenahan fitur yang mengikuti tren teknologi jaman sekarang.

Windows 7 akan muat dalam sebuah CD, mampu slipstream install, dan memiliki waktu install hanya 10 menit. Sangat responsif dan hanya menggunakan 480MB memory setelah install. Booting time kurang dari 30 detik. Windows 7 merupakan windows pertama yang ditujukan untuk dioperasikan secara multi-touch, memiliki metode input yang  revolusioner, dan nantinya, merupakan pengganti windows XP yang sebenarnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s